Langsung ke konten utama

Pentingnya Self Esteem untuk Positif Menjalani Hidup

Belum lama ini saya melihat status facebook seorang teman, tentang perempuan muda yang cerdas luar biasa, alumni sekaligus penerima beasiswa sebuah universitas luar negeri, memiliki pekerjaan bergengsi namun memiliki self esteem yang rendah hanya karena ia merasa tidak masuk standar ‘cantik’ yang berlaku di masyarakat. 

Standar cantik buatan media yang sebenarnya “Semu.”

Berkaca dari hal ini, saya jadi paham pentingnya self esteem pada tiap pribadi manusia. Bahkan untuk seseorang dengan pencapaian hebat seperti kisah di atas, kurangnya self esteem tetap bisa mempengaruhi bagaimana dia memandang dirinya dan bagaimana ia menjalani kehidupan sehari-hari. 

                         foto : pixabay

Lalu apa kabarnya saya yang kini memilih bekerja di rumah saja sambil mengurus keluarga? Tak ada penyesalan melepas masa lalu berkarir dengan posisi lumayan ataupun iri dengan pencapaian orang lain. Tanpa sadar, saya telah menerapkan self esteem di kehidupan saya sehari-hari. Terus apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan self esteem itu sendiri?

Apa itu Self Esteem?

Pengertian self esteem adalah tentang bagaimana seseorang memandang, mencintai, menerima dan menghargai segala hal yang ada pada dirinya termasuk semua kelebihan dan kekurangannya. 

Rendahnya self esteem bisa menyebabkan seseorang menjadi kurang PD atau merasa rendah diri. Lebih buruknya lagi, ketiadaan self esteem bisa menyebabkan seseorang tidak bisa mengembangkan potensi yang mereka miliki, menjadi depresi atau bahkan terjebak pada hubungan yang toxic.

Sedangkan seseorang dengan self esteem yang sehat akan memberi dampak positif pada psikologisnya yang berpengaruh pada berbagai aspek dalam kehidupannya seperti pencapaian prestasi, bagaimana ia menjalin hubungan dengan orang lain serta cara ia menghargai dirinya sendiri. 

Di usia kepala tiga ini, di kehidupan saya kini yang memilih menjadi ibu rumah tangga, saya tetap merasa cukup dan bersyukur dengan ritme kehidupan saat ini, serta tidak merasa iri dengan pencapaian orang lain. Melansir dari kemenkeu.go.id, orang dengan self esteem sehat akan cenderung berperilaku seperti berikut : 
1. Memiliki pandangan hidup yang positif
2. Tidak larut pada penyesalan masa lalu
3. Berani menolak dan berkata tidak
4. Bersyukur dan menerima kelebihan dan kekurangan diri

Dengan self esteem yang sehat, saya tetap merasa damai meski sehari-sehari lebih sering di rumah bersama dengan anak. Di rumah pun, saya tetap bisa menjalani hal-hal yang disukai agar hidup lebih berwarna. Menulis di blog salah satunya. 

Gimana sih cara agar kita punya self esteem yang sehat? Berikut beberapa tipsnya : 
1. Menulis daftar kelemahan dan kelebihan lalu fokus pada kelebihan yang dimiliki
2. Tidak membandingkan diri dengan orang lain
3. Menghargai dan berlapang dada saat ada kritikan dari orang lain
4. Berani menolak dan berkata tidak untuk hal yang tidak diinginkan
5. Mengurangi sifat perfeksionis
6. Menghadirkan sifat dan pandangan positif pada diri sendiri

Dengan melatih diri melakukan tips di atas, perlahan self esteem yang sehat pun akan hadir di pribadi kita. Memandang hidup secara positif dan menerima keadaan sambil terus berusaha memperbaiki diri tanpa ngoyo. 

Dan yang terpenting dari itu semua, bagaimana cara kita berhubungan dengan diri sendiri, menghargainya dan bersyukur dengan apa yang dipunya. Karena sejatinya setiap pribadi memiliki keistimewaannya masing-masing.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alami Gejala Mata Kering, Insto Dry Eyes Solusi Tepat Mengatasinya

Menjaga kesehatan mata kadang sering luput dari prioritas seseorang, termasuk diri ini salah satunya. Kebanyakan orang hanya ingat untuk menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga serta pola makan yang sehat. Padahal ada satu yang sama pentingnya untuk dijaga yaitu mata sebagai panca indera penglihatan. Kalau mata lagi terasa sakit, mata pegal atau mata kemerahan, baru deh terasa betapa pentingnya organ tubuh yang satu ini.  Sebagai seorang freelance writer yang kerjanya lebih sering menatap layar, baik itu layar ponsel ataupun laptop, kadang ada saja momen di mana tiba-tiba mata saya terasa gatal, berair, terasa pedih dan panas atau bahkan kemerahan. Biasanya gejala mata kering akan muncul kalau saya sudah terlalu lama menatap layar saat bekerja. Apalagi di saat deadline tulisan sedang banyak-banyaknya. Gejala Mata Kering Selain beberapa tanda di atas, gejala mata kering umumnya mata akan terasa seperti berpasir, nyeri, mata terasa lelah dan lebih banyak mengeluarkan kotor

Teruntuk One Of My Wishlist, Bersabarlah Sampai Waktunya Treatment NgeZAP Pertamaku di ZAP Clinic

B aru sedetik rasanya saya mengusapkan sunscreen ke wajah, saat si bungsu yang sudah rapi dengan seragamnya berlari mendekat, "Mah.. ayo, berangkat." Saya mengangguk-angguk sambil mengoleskan lipbalm berwarna pink pada bibir, lalu menggamit tangan si kecil, "Yuk, yuk, Mama udah siap."  Tidak ada polesan bedak. Apalagi blush-on merah jambu yang membuat wajah merona. Betapa sederhananya wajah saya tiap mau keluar rumah bahkan saat hendak mengantar anak tiap pagi ke sekolah. Cukup sunscreen dan lipbalm agar bibir tak kering, rasanya sebagai ibu rumah tangga, saya sudah cukup siap menghadapi dunia di luar sana. Uhuukk. Mungkin bagi sebagian orang, dua item andalan saya tadi tidaklah cukup untuk melindungi kulit wajah sehari-hari. Namun setiap orang pastinya punya hal-hal prioritas yang berbeda dalam hidupnya, bukan? Daftar Keinginan Seorang Ibu Meski begitu, saya juga punya sih daftar keinginan tentang hal-hal ataupun beberapa item yang saya inginkan di kemudian hari. S

Apa Rasanya Tidur di Tengah Laut Singapura?

Masih ingat dengan kapal pesiar ikonik di film Titanic yang dibintangi aktor Leonardo Dicaprio?  Saat menonton film itu bertahun-tahun lalu, saya ikut terpesona dengan kemewahan dan kemegahan kapal pesiar di film ini, berbobot 46.328 ton, dengan panjang 259 meter dan tinggi mencapai 53,3 meter, kapal ini seumpama istana terapung dengan segala fasilitas lengkapnya.  Setelah melihat film itu, muncul sedikit keinginan untuk ngerasain liburan di tengah laut di atas kapal pesiar mewah. Sensasinya pasti berbeda dengan gaya liburan sebelum-sebelumnya. Siapapun rasanya juga enggak akan nolak kalau ada kesempatan liburan mewah di kapal pesiar ya, kan. Tapi siapa sangka kesempatan itu datang juga tepat di tahun 2014 lalu. Bos di kantor tempat saya dulu bekerja memberi saya kesempatan untuk memimpin sebuah tur yang beragendakan menginap dan beraktivitas di sebuah kapal pesiar mewah dengan rute Singapura- Malaysia-Singapura. Bersama 3 orang rekan lainnya, pengalaman kerja rasa liburan itu berlangs