Langsung ke konten utama

Zona Ceria Germas Kenalkan Kebiasaan Sehat Sejak Dini

Memiliki tubuh sehat merupakan dambaan setiap orang. Selain faktor genetik, kesehatan seseorang juga sangat ditentukan oleh gaya hidup masing-masing individu. Meningkatnya angka pasien penderita PTM (Penyakit Tidak Menular) sejak tahun 2015 menunjukkan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia yang cenderung memburuk.

SDN Rawa Barat 05 (dok.pri)

Berdasarkan fenomena di atas, dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah mencanangkan GERMAS untuk mengajak masyarakat pada kebiasaan baik perilaku hidup sehat. Di tahap awal, Germas yang merupakan kepanjangan dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat hanya menitikberatkan pada 3 kegiatan yaitu :
  1. Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari
  2. Mengonsumsi buah dan sayur
  3. Memeriksakan kesehatan secara rutin
Senam cuci tangan oleh para dokter cilik (dok.pri)

Kemenkes bekerja sama dengan RTV turut menyebarluaskan informasi Germas ke sekolah-sekolah untuk mengenalkan gaya hidup sehat kepada anak sejak dini. Tepatnya tanggal 31 Oktober 2019 lalu, Zona Ceria RTV Germas diselenggarakan di SDN Rawa Barat 05 dengan rangkaian acara sebagai berikut :

  1. Pagelaran pentas seni yang diisi dengan penampilan Tari Tampak Siring dan modern dance dari anak-anak kelas 3. Berlanjut dengan paduan suara, senam cuci tangan oleh para dokter cilik serta pertunjukan sulap dan dongeng oleh Kak Maulana. 
  2. Lomba mewarnai yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 1 s/d kelas 3 dengan antusias.
  3. Lomba kreasi menu pagi diikuti oleh para orangtua murid. Melalui lomba ini, orang tua diajak untuk memberikan menu sarapan sehat untuk anak setiap harinya.
  4. Seminar Anak Sehat Indonesia. 
Lomba kreasi menu pagi (dok.pri)

Fakta dan Tips Kesehatan ala Dr Tan Shot Yen


Seru dan sarat informasi.
3 kata di atas yang pertama kali saya ingat saat mendengarkan pemaparan 2 narasumber di seminar kesehatan kali ini. Dipandu oleh MC, seminar dibuka dengan sambutan dari kementrian kesehatan yang diwakili oleh dr. Rizkiyana Sukandhi Putra, M.Kes sebagai Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Sesi selanjutnya, dengan lugas dan atraktif, Dr Tan Shot Yen menjelaskan tentang program Gizi Seimbang Isi Piringku yang menggantikan proglam lama 4 Sehat 5 Sempurna. Pada program ini, isi piring terbagi menjadi 4 bagian berupa :

  • Makanan pokok dengan komposisi 2/3 dari 1/2 piring. Makan pokok bentuknya beragam. Selain beras, bisa berupa jagung, singkong, ubi, talas, sagu dan produk olahannya seperti roti, pasta, mie, dll.
  • Lauk pauk komposisinya 1/3 dari 1/2 piring. Lauk pauk bisa dari sumber protein hewani berupa daging sapi, ayam, ikan dan hasil laut lain, telur, susu dan produk olahannya atau bisa juga dari sumber protein nabati berupa tempe, tahu dan kacang-kacangan.
  • Buah-buahan sebanyak 1/3 dari 1/2 piring. Sebagai sumber vitamin, mineral, serat pangan dan juga anti oksidan, buah-buahan penting untuk dikonsumsi. Bisa berupa buah pisang, melon, semangka, pepaya, rambutan, jeruk, duku, mangga, apel, belimbing, dll.
  • Sayur-sayuran sebanyak 2/3 dari 1/2 piring. Seperti buah, sayur juga sangat penting untuk dikonsumsi. Bisa dikonsumsi mentah sebagai lalapan atau dimasak terlebih dahulu. 
Sosok Dr Tan Shot Yen yang menginspirasi (dok.pri)


Lebih lanjut, Dr Tan Shot Yen menjelaskan tentang bahaya makanan ultra proses semacam minuman boba, ayam goreng cepat saji dan lain sebagainya yang tengah marak saat ini. Makanan ini tidak baik untuk dikonsumsi karena akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti pencetus obesitas, gangguan gizi pada anak tumbuh kembang, penyebab PTM (Penyakit Tidak Menular) seperti diabetes, hipertensi dan sindroma metabolik. 

Amat disayangkan dengan berbagai keburukan yang dikandungnya, makanan ultra proses ini justru amat mudah didapat, karena sifatnya yang praktis, ekonomis, dan dirancang untuk menciptakan kecanduan namun dianggap sebagai penyokong pertumbuhan ekonomi dan industri. 

Selain itu, Dr Tan juga memaparkan karbohidrat terbaik untuk tumbuh kembang anak. Beberapa sifatnya berupa ;  
  1. Berpati seperti beras pecah kulit, umbi, jagung dan sagu
  2. Tak berpati ; sayur dan buah
  3. Kaya akan antioksidan
  4. Kaya mineral
  5. Kaya serat
  6. Cukup energi
  7. Bukan produk rafinasi
Selain hal di atas, Germas juga mengenalkan beberapa kebiasaan baik seperti cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, lakukan aktivitas fisik 30 menit sehari, pantau berat badan setiap bulan dan minum air 8 gelas sehari.

Mendengarkan paparan lugas dengan gaya nyentrik dari dokter ini membuat waktu seakan terbang dan tak terasa sesi seminar pun usai. Sayang saya lupa untuk berfoto dengan beliau sebagai kenang-kenangan. Meski begitu, acara Zona Ceria Germas Kemenkes bersama RTV ini benar-benar membawa kesan tersendiri di hati saya. Saya pun tertarik untuk mengetahui profil Dr.Tan lebih jauh. Faktanya amat WOW, selama ini saya kemana aja ya, baru tahu ada sosok dokter gaul seperti Dr. Tan Shot Yen yang beda dari dokter kebanyakan. Ulasan lengkapnya, akan saya tulis di post selanjutnya. 

"Jadi, mulai sekarang makan apa yang diperlukan oleh tubuh kita. Bukan makan apa yang diinginkan oleh mulut kita." pesan Dr Tan sebagai kalimat pamungkas penutup hari itu.

PS: Diet ala Germas yak, Mak

Komentar

  1. Makan yang dibutuhkan tubuh,bukan mulut. Duh, itu kadang sering ga sinkron.hehehe..

    BalasHapus
  2. Kok ukurannya per 1/2 piring ya, Mbak? Jadi agak bingung, haha..

    BalasHapus
  3. Bener banget ya kak, makan apa yang di perlukan tubuh.. tapi kita lebih seringnya makan apa yang di inginkan oleh mulut..😄

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alami Gejala Mata Kering, Insto Dry Eyes Solusi Tepat Mengatasinya

Menjaga kesehatan mata kadang sering luput dari prioritas seseorang, termasuk diri ini salah satunya. Kebanyakan orang hanya ingat untuk menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga serta pola makan yang sehat. Padahal ada satu yang sama pentingnya untuk dijaga yaitu mata sebagai panca indera penglihatan. Kalau mata lagi terasa sakit, mata pegal atau mata kemerahan, baru deh terasa betapa pentingnya organ tubuh yang satu ini.  Sebagai seorang freelance writer yang kerjanya lebih sering menatap layar, baik itu layar ponsel ataupun laptop, kadang ada saja momen di mana tiba-tiba mata saya terasa gatal, berair, terasa pedih dan panas atau bahkan kemerahan. Biasanya gejala mata kering akan muncul kalau saya sudah terlalu lama menatap layar saat bekerja. Apalagi di saat deadline tulisan sedang banyak-banyaknya. Gejala Mata Kering Selain beberapa tanda di atas, gejala mata kering umumnya mata akan terasa seperti berpasir, nyeri, mata terasa lelah dan lebih banyak mengeluarkan kotor

Teruntuk One Of My Wishlist, Bersabarlah Sampai Waktunya Treatment NgeZAP Pertamaku di ZAP Clinic

B aru sedetik rasanya saya mengusapkan sunscreen ke wajah, saat si bungsu yang sudah rapi dengan seragamnya berlari mendekat, "Mah.. ayo, berangkat." Saya mengangguk-angguk sambil mengoleskan lipbalm berwarna pink pada bibir, lalu menggamit tangan si kecil, "Yuk, yuk, Mama udah siap."  Tidak ada polesan bedak. Apalagi blush-on merah jambu yang membuat wajah merona. Betapa sederhananya wajah saya tiap mau keluar rumah bahkan saat hendak mengantar anak tiap pagi ke sekolah. Cukup sunscreen dan lipbalm agar bibir tak kering, rasanya sebagai ibu rumah tangga, saya sudah cukup siap menghadapi dunia di luar sana. Uhuukk. Mungkin bagi sebagian orang, dua item andalan saya tadi tidaklah cukup untuk melindungi kulit wajah sehari-hari. Namun setiap orang pastinya punya hal-hal prioritas yang berbeda dalam hidupnya, bukan? Daftar Keinginan Seorang Ibu Meski begitu, saya juga punya sih daftar keinginan tentang hal-hal ataupun beberapa item yang saya inginkan di kemudian hari. S

Apa Rasanya Tidur di Tengah Laut Singapura?

Masih ingat dengan kapal pesiar ikonik di film Titanic yang dibintangi aktor Leonardo Dicaprio?  Saat menonton film itu bertahun-tahun lalu, saya ikut terpesona dengan kemewahan dan kemegahan kapal pesiar di film ini, berbobot 46.328 ton, dengan panjang 259 meter dan tinggi mencapai 53,3 meter, kapal ini seumpama istana terapung dengan segala fasilitas lengkapnya.  Setelah melihat film itu, muncul sedikit keinginan untuk ngerasain liburan di tengah laut di atas kapal pesiar mewah. Sensasinya pasti berbeda dengan gaya liburan sebelum-sebelumnya. Siapapun rasanya juga enggak akan nolak kalau ada kesempatan liburan mewah di kapal pesiar ya, kan. Tapi siapa sangka kesempatan itu datang juga tepat di tahun 2014 lalu. Bos di kantor tempat saya dulu bekerja memberi saya kesempatan untuk memimpin sebuah tur yang beragendakan menginap dan beraktivitas di sebuah kapal pesiar mewah dengan rute Singapura- Malaysia-Singapura. Bersama 3 orang rekan lainnya, pengalaman kerja rasa liburan itu berlangs