Langsung ke konten utama

Mengenal Andaliman, Si Rempah Ajaib Dari Danau Toba

Sebagian orang tiap kali mendengar kata Sumatera Utara, biasanya akan teringat dengan keberadaan Danau Toba. Sebagai danau vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba memang kerap menyita perhatian dengan keindahan pemandangannya yang sejuk nan eksotis. Menyusulnya pembukaan The Kaldera Danau Toba untuk umum pada Juni 2019 mendatang, tentunya menambah alasan para wisatawan untuk berlibur ke sana.

Kemegahan Danau Toba 
Namun selain keindahan dan budayanya, tidak banyak orang tahu kalau di Danau Toba sendiri terdapat rempah endemik istimewa bernama Andaliman. Rempah eksotik Danau Toba ini memiliki citarasa yang kuat dan ampuh untuk memperkaya rasa suatu masakan. Sejak dulu pula masyarakat Batak telah memakai Andaliman sebagai rempah andalan di banyak resep masakannya seperti pada menu Arsik Ikan Mas, Mie Gomak, Ikan Naniura, Sambal Andaliman dan masih banyak lagi. Citarasa khas dari Andaliman pula yang menjadikan rasa masakan masyarakat Batak memiliki keunikan tersendiri.

Andaliman, Si Merica Batak
Saat dimakan, Andaliman akan meninggalkan jejak rasa getir, kelu atau kebas di lidah. Rasa kelu di lidah itu disebabkan adanya kandungan hydroxy-alpha-sanshool di dalam rempah yang satu ini. Bentuk buah Andaliman yang bulat kecil bergerombol mirip dengan buah lada. Karena itu pula, rempah satu ini kerap disebut "merica Batak."





Andaliman sendiri memiliki aroma jeruk yang khas. Namun jangan salah paham dengan aroma yang dimilikinya. Karena dibalik kelembutan wangi jeruknya, ada kejutan sensasi pedas 'menggigit' seusai memakannya.

Bentuk pohon Andaliman berupa tanaman perdu dan memiliki batang, ranting dan daun penuh duri. Dulunya tanaman rempah ini cukup sulit ditemukan mengingat penyebaran alami pohon ini berada di hutan. Untuk mendapatkannya pun, warga harus berjalan jauh ke dalam hutan disertai kemungkinan pulang dengan tangan kosong. Sampai akhirnya seorang warga Batak, "Marandus Sirait" berinisiatif untuk membudidayakan tanaman endemik ini.

Bibit Pohon Andaliman
Demi Andaliman, Pak Marandus memilih menjual emas miliknya yang didapat sebagai hadiah Kalpataru pada tahun 2005 untuk membangun Taman Eden 100 yang fokus pada pembudidayaan Andaliman.

Beberapa orang pernah mencoba menanam bibit pohon Andaliman di luar kawasan Danau Toba. Hasilnya bibit pohon Andaliman akan mati dalam kurun waktu 1 bulan. Ini dikarenakan pohon Andaliman hanya bisa tumbuh di tanah sekitar Danau Toba yang memiliki kandungan mineral tertentu yang didapat dari ledakan Gunung Toba pada 800 ribu tahun lalu.

Marandus Sirait, Pelopor Budidaya Pohon Andaliman
Letak ketinggian tanah di antara 1100-1800 meter di atas permukaan laut juga sebagai faktor yang menentukan agar pohon ini bisa tumbuh dan berkembang. Meski begitu, menanam dan merawat pohon Andaliman perlu keterampilan tersendiri. Pohonnya cocok ditanam di tanah yang gembur dan lembab tapi tidak terendam air. Pohon ini juga memerlukan keberadaan pohon lain sebagai penaungnya agar tidak terkena langsung sinar matahari.

Saat ini pemerintah Indonesia sendiri tengah mempromosikan Andaliman sebagai produk unggulan desa dari Danau Toba. Andaliman berinovasi dan dimodifikasi ke dalam 336 resep masakan seperti Spagethi Andaliman, keripik Andaliman, nasi goreng Andaliman dan lain sebagainya.

Sambal Andaliman. Pedasnya Mangitir Itir Di Lidah.
Namun karena rempah satu ini punya rasa pedas yang menonjol, penggunaanya dalam masakan pun harus dengan porsi yang pas. Karena jika berlebihan, justru dapat merusak citarasa masakan itu sendiri. Saat memasak pun, biasanya Andaliman dihaluskan terlebih dahulu lalu dijadikan bumbu untuk berbagai macam masakan khas Batak.

Berbagai Produk Inovasi Andaliman
Selain keunggulan dalam rasa, rempah ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh di antaranya :

  1. Berfungsi sebagai penambah darah alami, melancarkan peredaran darah serta menghindari penggumpalan.
  2. Mengandung vitamin A, B1, C dan E juga zat besi dan kalsium yang baik untuk tubuh.
  3. Sebagai antioksidan alami, Andaliman sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh dari radikal bebas.
  4. Dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti sakit perut, sakit gigi juga antipritik.
  5. Membangkitkan nafsu makan.
Selain beberapa manfaat di atas, Andaliman juga bisa dipakai untuk menghilangkan bau amis pada ikan sebelum di masak. Selain itu, rempah ini juga dapat dipakai sebagai penyedap rasa alami serta mengandung senyawa minyak atsiri dan alkaloid yang berfungsi sebagai anti oksidan dan anti mikroba. Karena sifat antimikroba dan antioksidan ini, maka buah Andaliman bisa digunakan sebagai bahan pengawet alami yang tidak berbahaya bagi tubuh.

Beberapa Menu Makanan Dan Minuman Dengan Bumbu Andaliman





Komentar

  1. aku orang batak dan sukaaaa banget ama andaliman. mama kalo masak sering memakai rempah ini . tp kalo kata bbrp temen ini pedas, buatku masih belum :D. mungkin krn lidah udh terbiasa nyicipin ini sejak kecil. udah lamaaaa bgt ga nyobain makanan yg pakai andaliman sjk di jkt. kalo mama lg liburan k jkt pun, jrg bikin, krn andalimannya g ada hahahaha...

    BalasHapus
  2. Fungsinya sama kayak lemon jg yah. Bisa menghilangkan bau amis ikan dan menambah rasa gurih pada ikan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alami Gejala Mata Kering, Insto Dry Eyes Solusi Tepat Mengatasinya

Menjaga kesehatan mata kadang sering luput dari prioritas seseorang, termasuk diri ini salah satunya. Kebanyakan orang hanya ingat untuk menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga serta pola makan yang sehat. Padahal ada satu yang sama pentingnya untuk dijaga yaitu mata sebagai panca indera penglihatan. Kalau mata lagi terasa sakit, mata pegal atau mata kemerahan, baru deh terasa betapa pentingnya organ tubuh yang satu ini.  Sebagai seorang freelance writer yang kerjanya lebih sering menatap layar, baik itu layar ponsel ataupun laptop, kadang ada saja momen di mana tiba-tiba mata saya terasa gatal, berair, terasa pedih dan panas atau bahkan kemerahan. Biasanya gejala mata kering akan muncul kalau saya sudah terlalu lama menatap layar saat bekerja. Apalagi di saat deadline tulisan sedang banyak-banyaknya. Gejala Mata Kering Selain beberapa tanda di atas, gejala mata kering umumnya mata akan terasa seperti berpasir, nyeri, mata terasa lelah dan lebih banyak mengeluarkan kotor

Teruntuk One Of My Wishlist, Bersabarlah Sampai Waktunya Treatment NgeZAP Pertamaku di ZAP Clinic

B aru sedetik rasanya saya mengusapkan sunscreen ke wajah, saat si bungsu yang sudah rapi dengan seragamnya berlari mendekat, "Mah.. ayo, berangkat." Saya mengangguk-angguk sambil mengoleskan lipbalm berwarna pink pada bibir, lalu menggamit tangan si kecil, "Yuk, yuk, Mama udah siap."  Tidak ada polesan bedak. Apalagi blush-on merah jambu yang membuat wajah merona. Betapa sederhananya wajah saya tiap mau keluar rumah bahkan saat hendak mengantar anak tiap pagi ke sekolah. Cukup sunscreen dan lipbalm agar bibir tak kering, rasanya sebagai ibu rumah tangga, saya sudah cukup siap menghadapi dunia di luar sana. Uhuukk. Mungkin bagi sebagian orang, dua item andalan saya tadi tidaklah cukup untuk melindungi kulit wajah sehari-hari. Namun setiap orang pastinya punya hal-hal prioritas yang berbeda dalam hidupnya, bukan? Daftar Keinginan Seorang Ibu Meski begitu, saya juga punya sih daftar keinginan tentang hal-hal ataupun beberapa item yang saya inginkan di kemudian hari. S

Apa Rasanya Tidur di Tengah Laut Singapura?

Masih ingat dengan kapal pesiar ikonik di film Titanic yang dibintangi aktor Leonardo Dicaprio?  Saat menonton film itu bertahun-tahun lalu, saya ikut terpesona dengan kemewahan dan kemegahan kapal pesiar di film ini, berbobot 46.328 ton, dengan panjang 259 meter dan tinggi mencapai 53,3 meter, kapal ini seumpama istana terapung dengan segala fasilitas lengkapnya.  Setelah melihat film itu, muncul sedikit keinginan untuk ngerasain liburan di tengah laut di atas kapal pesiar mewah. Sensasinya pasti berbeda dengan gaya liburan sebelum-sebelumnya. Siapapun rasanya juga enggak akan nolak kalau ada kesempatan liburan mewah di kapal pesiar ya, kan. Tapi siapa sangka kesempatan itu datang juga tepat di tahun 2014 lalu. Bos di kantor tempat saya dulu bekerja memberi saya kesempatan untuk memimpin sebuah tur yang beragendakan menginap dan beraktivitas di sebuah kapal pesiar mewah dengan rute Singapura- Malaysia-Singapura. Bersama 3 orang rekan lainnya, pengalaman kerja rasa liburan itu berlangs