Langsung ke konten utama

Usir Stress dan Jenuh, Yuk Intip 4 Kegiatan Seru Anti Bosan Saat Jalani Lockdown




Bangun tidur, tidur lagi...
Bangun lagi, tidur lagi...
Banguuun, tidur lagi...

Masih ingat dengan lirik lagu di atas ya, teman-teman? Saat mendengarnya, saya jadi teringat dengan kondisi banyak orang yang saat ini memiliki banyak waktu untuk stay di rumah aja demi menjalani lockdown karena pandemi virus COVID-19. Termasuk pun saya dan keluarga.

Lockdown diberlakukan oleh pemerintah dengan tujuan menahan laju penyebaran virus COVID-19 yang dalam beberapa minggu terakhir ini penderitanya meningkat drastis di Indonesia. Pengertian lockdown itu sendiri merupakan kondisi di mana orang tidak diizinkan masuk atau meninggalkan suatu area secara bebas karena keadaan darurat.

Berkaca dari negara-negara lain yang dilanda virus ini lebih awal, penetapan lockdown terbukti mampu menahan laju penyebaran virus ini yang begitu cepat. Saat lockdown diberlakukan, banyak kegiatan mulai dari urusan pekerjaan, sekolah dan beribadah disarankan untuk dilakukan dari dalam rumah. Hal ini membuat virus tidak mudah berpindah dari satu individu ke individu lainnya.

Mengalami lockdown belum pernah terlintas di pikiran saya sebelumnya. Anak usia sekolah termasuk sulung saya pun sudah seminggu lebih ini menjalani kegiatan belajarnya dari dalam rumah. Tidak ada lagi acara main ke rumah teman atau sekedar jajan bolak-balik ke warung atau mini market terdekat seperti hari-hari sebelumnya.

Saat ini momen kumpul bersama keluarga menjadi hal yang paling dirindukan (foto:dokpri) 


Mengingat manusia adalah makhluk sosial, pastinya berada di rumah terus menerus tanpa kegiatan berkumpul, bermain atau sekedar ngobrol bareng akan membuat siapapun merasa bosan dan stress, ya mak. Ditambah lagi derasnya arus informasi tentang penyebaran virus COVID-19 yang semakin meluas, membuat banyak orang mudah menjadi panik, stress dan cemas.

Padahal rasa bosan, stress dan panik dapat menyebabkan imun tubuh berkurang dan berujung pada kondisi tubuh yang tidak fit. Sebagai ibu rumah tangga, untuk saat ini menjaga kesehatan jasmani dan rohani adalah prioritas saya.

Jangan sampai ya, seorang ibu yang seharusnya mampu merangkul dan memberi kekuatan pada keluarga di tengah kondisi seperti saat ini, harus jatuh sakit dikarenakan tidak bisa mengelola suasana hatinya.

Nah, untuk menghindari hal itu, saya punya beberapa tips kegiatan yang cocok mengusir rasa stress dan jenuh selama menjalani lockdown.

4 Kegiatan Anti Bosan Saat Menjalani Lockdown


1. Jalani Hobi

Hampir setiap orang tentunya memiliki hobi atau hal yang disukai untuk dijalani. Saat melakukan hobi, seseorang akan merasa lebih senang dan bahagia. Hati yang senang akan memperkuat imun tubuh untuk menangkal virus-virus dan penyakit yang datang.

Dalam hal ini, hanya berlaku untuk hobi yang bisa dilakukan dari dalam rumah saja ya, mak. Karena hobi saya adalah menulis dan membaca, saya pun bisa melakukannya di rumah secara leluasa. Tumpukan buku yang belum sempat terbaca, bisa mulai dibaca sedikit demi sedikit. Selesai menulis pun, hati terasa lebih plong dan pikiran jadi lebih tenang.


2. Beribadah dan Mendekat Kepada-Nya

Hal satu ini tetap harus jadi prioritas ya, mak. Karena saya seorang muslim, selain salat lima waktu, ibadah mengaji dan berdzikir banyak-banyak bisa membuat hati merasa tenang dan tawakkal. 

Berdzikir pun bisa dilakukan di tengah-tengah aktivitas saya melakukan kerjaan beberes rumah, memasak dan lain sebagainya. Insya Allah sesudahnya hati jadi lebih tenang menghadapi kondisi seperti saat ini.

3. Lakukan Olahraga di Rumah

Selain melakukan hobi dan beribadah, berolahraga ternyata ampuh membuat rileks tubuh dan pikiran loh, teman-teman. 

Jadi ceritanya, beberapa saat sebelum lockdown berlaku, saya tengah memiliki kebiasaan baru yang ternyata sangat menyenangkan untuk dilakukan secara rutin yaitu olahraga. Berawal dari rasa kaku dan pegal di punggung setiap kali bangun pagi, saya pun iseng mencoba beberapa gerakan peregangan tubuh berbekalkan video dari Youtube. Enggak nyangka sih, ternyata cara ini berhasil mengusir sakit punggung yang saya rasakan bertahun lamanya. 

Sekarang tiap bangun pagi, badan terasa lebih fresh tanpa rasa pegal dan kaku di punggung yang cukup menyiksa. Saya pun jadi ketagihan untuk terus 'bergerak' di rumah. Berlanjut mencari aneka video tutorial olahraga di rumah, memilahnya sesuai gerakan yang saya suka dan melakukannya sebanyak 5-6 kali dalam seminggu.

Cukup bermodal niat, matras dan dumbell 3 KG, olahraga jadi sangat menyenangkan (foto:dokpri)


Cukup 30 menit dalam sehari. Saat tubuh nggobyos oleh keringat dan degup jantung berdetak kencang, entah kenapa saya merasa sangaat bahagia. Seakan ada energi positif yang mengelilingi saya. Sesudahnya pun, tubuh berasa sangat FRESH dan ringan. 

Kegiatan ini sudah saya lakukan hampir 8 minggu lamanya. Sekarang selain melakukan latihan HIIT dan cardio, saya mulai selingi latihan beban dengan dumbell seberat 3 KG. Dan ternyata, it's really really really fun.

Dan karena target melangsing bukan jadi prioritas saya lagi saat berolahraga, saya pun tidak merasa terbebani untuk melakukannya secara rutin. Karena setelah beberapa waktu, saya baru tahu kalau target menjadi langsing hanya memperberat langkah saya untuk konsisten melakukannya.

4. Mandi Parfum

Selesai olahraga, rasanya wajib pake banget untuk mandi lagi. Tubuh yang lengket dan basah oleh keringat, paling cocok dibasuh dengan yang wangi-wangi dan nyegerin suasana hati. 

Bagi saya sih, ya, ini perpaduan yang sempurna banget sih. Saat tubuh sedang gerah-gerahnya, berdiam diri sejenak untuk meredakan keringat dan menurunkan suhu panas tubuh sisa olahraga tadi, lalu pergi ke toilet untuk melakukan mandi parfum, rasanya nyesss segerr banget membasuh sekujur tubuh yang lengket dengan varian sabun mandi dari Vitalis. 

Tunggu deh, Vitalis itu bukannya parfum aja ya? Memang sekarang ada sabun mandinya?

Sekedar info ya, teman-teman. Vitalis sejak pertengahan 2019 lalu sudah mengembangkan expertisenya di bidang parfum ke dalam produk Body Wash. Kebanyakan orang nih termasuk saya, saat memilih sabun mandi selain mencari tahu tentang manfaatnya pasti juga melihat dari aromanya, ya. Nah, Vitalis yang sangat memahami parfum tentunya mampu memberikan pengalaman mandi yang spesial dan berbeda.

3 Varian Vitalis Body Wash (foto:dokpri)

3 Varian Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

Setiap varian sabun mandi dari Vitalis memiliki manfaat yang berbeda-beda untuk tubuh mulai dari Skin Nourishing, Skin Brightening dan Skin Refreshing. Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash variannya ada 3 macam yaitu White Glow, Fresh Dazzle dan Soft Beauty yang semuanya memiliki harum yang tahan lama dan mampu memberikan sensasi mandi berbeda dari sebelumnya.


1. White Glow

Varian dengan kemasan berwarna merah muda ini wanginya beraroma fruity yang manis dan lembut. Wewangiannya dibuat dari campuran Cherry dan Raspberry, ditambah dengan wangi Marshmallow dan Gardenia juga kombinasi Woody dan Suede membuatnya terasa glamor dan tahan lama.

Dengan manfaat Skin Brightening-nya, varian ini memiliki ekstrak Licorice dan Susu yang membuat kulit jadi terlihat lebih cerah, terasa halus dan lembut setelah pemakaian. Saya nge-fans banget sama wanginya.



2. Fresh Dazzle

Sabun dengan manfaat Skin Refreshing ini paling jago bikin kulit tubuh terasa segar, halus dan lembut. Kemasannya berwarna hijau toska. Untuk varian ini, sabunnya dibuat dengan tambahan ekstrak dari Yuzu Orange dan juga Green Tea yang mengandung anti oksidan.

Wewangiannya yang segar dibuat dengan campuran wangi Bergamot, Floral Bouquet serta Musk Amber yang membuat wanginya bertahan lama. Saya juga nge-fans banget sama wangi varian sabun ini.



3. Soft Beauty

Dari kemasan aja, saya udah sukaaa mengingat ungu salah satu dari beberapa warna favorit saya. Aromanya dibuat dari campuran Fruity Aldehydic, Rose dan Violet yang dibalut manisnya wangi dari Tonka Bean dan Sandalwood. Saat pertama kali mencium aromanya, saya pun langsung jatuh cinta. Hmm gimana ya, wanginya itu loh, terasa unik, spesial dan so relaxing. 

Varian yang ini memiliki manfaat Skin Nourishing dengan ekstrak Alpukat dan Vitamin E dijamin deh kulit akan terasa kenyal, halus, lembut dan wangi. Jujur ya, ini varian favorit saya dan saya kasih bintang lima untuk varian Soft Beauty dari Vitalis ini. 

Semua varian dari Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash, kemasan tutup botolnya berupa flip-top yang mudah banget untuk dibuka-tutup. Cairan sabun pun dijamin enggak akan terbuang percuma karena bisa diatur sesuai pemakaian.




Daftar Harga Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

Vitalis memiliki beberapa kemasan dengan ukuran berbeda ya, teman-teman. Mulai dari botol kemasan 100 ml dengan rentang harga Rp 9.000-an, juga kemasan 200 ml kisaran harga Rp 18.000-an. Selain itu, Vitalis juga ada kemasan isi ulang dengan ukuran 250 ml seharga Rp 14.000-an dan ukuran 450 ml dengan harga Rp 25.000.

Selain wanginya yang mewah, sabun mandi Vitalis juga mengandung High Quality Mosturizer yang ampuh banget ngembaliin kelembaban kulit saya setelah berolahraga atau setelah beraktivitas seharian di rumah. Saat mandi, saya lebih suka menuang cairan sabun ke atas puff, kasih sedikit air, seketika busanya berlimpah dan sensasi mandi mewah pun segera didapat. 

Jadi, tubuh saya yang rasanya segerrr banget abis olahraga tadi, lalu mandi parfum pakai Vitalis Body Wash, rasa segernya jadi berkali-kali lipat dari biasanya. Kalo enggak percaya, teman-teman cobain deh olahraga lalu mandi pake Vitalis Body Wash ini, kalau langsung jadi ketagihan sesudahnya. 

Tetap Semangat, Ikhtiar dan Berdoa


Nah teman-teman semua, semoga berkenan ya dengan tips dari saya barusan. Semoga saja mampu mengusir jenuh dan stress selama di rumah menjalani masa-masa lockdown. 

Doa saya, semoga Indonesia cepat pulih, virus COVID-19 lekas punah dari negara kita dan negara-negara lainnya, serta kita semua bisa beraktivitas lagi seperti biasa dan juga beribadah dengan tenang dan khidmat selama Ramadan tanpa rasa was-was dan khawatir.

Karena sejatinya selalu ada hikmah dibalik semua kejadian. Cheers dan semangat terus, teman-teman.
















Komentar

  1. Bagus bget va link nya,sukses yaa,nnt mau de coba vitalis buat mandi..uda ada yg di alfa..kpn2 blh dong buatkan po tentg herbalife,he he he.

    BalasHapus
  2. Keren cuùuyyy jd mau coba vitalis

    BalasHapus
  3. Maa syaa Allah...
    Jazaakillaah khair tipsnya mb Eva, ditunggu tulisan selanjutnya😘

    BalasHapus
  4. Harumnya itulloh...

    Seggerrrrrr...

    Info yg bermanfaat bungiitt 😊

    BalasHapus
  5. Yes, mandi parfum salah satu caraku menghadapi kebosanan saat harus diam di rumah mba .
    Anak-anak sampe ikutan mandi berendam pake Vitalis. Hehe

    BalasHapus
  6. Dari ke empat kegiatan diatas aku sih udah lakuin semua, memang di waktu lockdown ini bisa banyak waktu, terutama ibadah bisa khusyuk.

    BalasHapus
  7. Semua tips di atas sudah saya lakukan, Mbak Eva. Dan Alhamdulillah ampuh mengusir rasa bosan selama masa pembatasan sosial ini. Semoga virus corona segera berakhir ya, Mbak, dan kita bisa beaktivitas normal lagi. Aamiin.

    BalasHapus
  8. Tips ini emang manjur banget di saat harus di rumah seperti ini ya, Kak. Kalau saya tambah satu lagi neh, ngabisin kue bikinan anak-anak, soalnya tiap hari bikin kue.

    BalasHapus
  9. Baca intronya, langsung ikutan nyanyi kayak Mbah Surip. Hehehe. Yg jelas selama karantina mandiri kami sekeluarga lebih aware sama kesehatan, lebih rajin ngaji, dan bisa juga nih karena banyak aktivitas di rumah jadi lebih rajin mandi, pakai sabun Vitalis.

    BalasHapus
  10. Setuju..sejatinya selalu ada hikmah di balik semua kejadian ya . Maka stres mesti diusir jauh-jaug, syukuri , nikmati dan pilih solusi usir stres dengan mandi pakai vitalis ini

    BalasHapus
  11. Aku juga pake ini mbak dan paling suka warna hijau
    Semoga corona segera berlalu yaa, udah kangen banget janjalan hahaha

    BalasHapus
  12. KOk kita sama sih mbak. Aku juga usir jenuh dan stress saat di rumah aja ini dengan mandi pake vitalis body wash

    BalasHapus
  13. Keren nih idenya dari pada stress mikir gak bisa kemana mana mending manjakan diri dengan vitalis body was aja

    BalasHapus
  14. biarpun lock down yg penting tetap wangi ya. saya sih masih ada jadwal kerja 😊

    BalasHapus
  15. Poin yang aku susah banget untuk olahraga mb ya ampun bisa-bisa abis lockdown badan entah sebesar apa ya, hihih daripa pusing mikirin berat badan mending cobain mandi pakai vitalis ini ya katanya harum banget kaya parfum mahal

    BalasHapus
  16. semakin dirumahaja semakin gak teringat mandi mba hahahaha
    sabun vitalis emang bagus banget ya?

    BalasHapus
  17. Wah, jadi ingat deh kalau dumbell di rumah sudah lama banget deh teronggok di sudut kamar. Besok mulai olahraga lagi ah supaya badan semakin fit. Kan ikhtiar terus hidup sehat, ya. Nanti kalau keringetan, ya tunggu keringet kering, lalu mandi deh pakai Vitalis Body Wash.

    BalasHapus
  18. Tips yang no. 4 aku sudah praktekan mba, mandi parfum . Lumayan bisa ngurangin bosan saat-saat seperti seperti ini. Aku pakai fresh Dazzle

    BalasHapus
  19. Aku juga lagi hobi olahraga nih mbak, paling minimal 15 menit aja sambil berjemur jam 10, gak mau rugi hehehe berasa banget badan lebih enteng, tidur lwbih nyenyak, dan tentunya daya tahan tubuh meningkat ya

    BalasHapus
  20. Saya asik mandi aja nih Mbak Eva...coz gerah juga kan yaa harinya...fyuhh... Alhamdulillah ada Vitalis Body Wash bs tetap wangiiiii

    BalasHapus
  21. Di rumah tuh banyak bgt yg bisa dilakuin, cuma kadang pada belum nemu yg pas buat mereka yaa..

    Aku pribadi santuy2 aja ada social distance maupun lockdown, emang betah di rumah, hahahah

    BalasHapus
  22. Sama kakak saya juga pakai Vitalis Perfumed Mouisturizing Body Wash ini wanginya harum dan semua varian saya suka enakbtop banget lah Vitalis ini

    BalasHapus
  23. Bener bgt nih, drpd pergi k mn2, mending metime aja ya pk vitalis body wash. Harum nya menenangkan, bikin stress hilang. Hehehe ..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alami Gejala Mata Kering, Insto Dry Eyes Solusi Tepat Mengatasinya

Menjaga kesehatan mata kadang sering luput dari prioritas seseorang, termasuk diri ini salah satunya. Kebanyakan orang hanya ingat untuk menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga serta pola makan yang sehat. Padahal ada satu yang sama pentingnya untuk dijaga yaitu mata sebagai panca indera penglihatan. Kalau mata lagi terasa sakit, mata pegal atau mata kemerahan, baru deh terasa betapa pentingnya organ tubuh yang satu ini.  Sebagai seorang freelance writer yang kerjanya lebih sering menatap layar, baik itu layar ponsel ataupun laptop, kadang ada saja momen di mana tiba-tiba mata saya terasa gatal, berair, terasa pedih dan panas atau bahkan kemerahan. Biasanya gejala mata kering akan muncul kalau saya sudah terlalu lama menatap layar saat bekerja. Apalagi di saat deadline tulisan sedang banyak-banyaknya. Gejala Mata Kering Selain beberapa tanda di atas, gejala mata kering umumnya mata akan terasa seperti berpasir, nyeri, mata terasa lelah dan lebih banyak mengeluarkan kotor

Teruntuk One Of My Wishlist, Bersabarlah Sampai Waktunya Treatment NgeZAP Pertamaku di ZAP Clinic

B aru sedetik rasanya saya mengusapkan sunscreen ke wajah, saat si bungsu yang sudah rapi dengan seragamnya berlari mendekat, "Mah.. ayo, berangkat." Saya mengangguk-angguk sambil mengoleskan lipbalm berwarna pink pada bibir, lalu menggamit tangan si kecil, "Yuk, yuk, Mama udah siap."  Tidak ada polesan bedak. Apalagi blush-on merah jambu yang membuat wajah merona. Betapa sederhananya wajah saya tiap mau keluar rumah bahkan saat hendak mengantar anak tiap pagi ke sekolah. Cukup sunscreen dan lipbalm agar bibir tak kering, rasanya sebagai ibu rumah tangga, saya sudah cukup siap menghadapi dunia di luar sana. Uhuukk. Mungkin bagi sebagian orang, dua item andalan saya tadi tidaklah cukup untuk melindungi kulit wajah sehari-hari. Namun setiap orang pastinya punya hal-hal prioritas yang berbeda dalam hidupnya, bukan? Daftar Keinginan Seorang Ibu Meski begitu, saya juga punya sih daftar keinginan tentang hal-hal ataupun beberapa item yang saya inginkan di kemudian hari. S

Apa Rasanya Tidur di Tengah Laut Singapura?

Masih ingat dengan kapal pesiar ikonik di film Titanic yang dibintangi aktor Leonardo Dicaprio?  Saat menonton film itu bertahun-tahun lalu, saya ikut terpesona dengan kemewahan dan kemegahan kapal pesiar di film ini, berbobot 46.328 ton, dengan panjang 259 meter dan tinggi mencapai 53,3 meter, kapal ini seumpama istana terapung dengan segala fasilitas lengkapnya.  Setelah melihat film itu, muncul sedikit keinginan untuk ngerasain liburan di tengah laut di atas kapal pesiar mewah. Sensasinya pasti berbeda dengan gaya liburan sebelum-sebelumnya. Siapapun rasanya juga enggak akan nolak kalau ada kesempatan liburan mewah di kapal pesiar ya, kan. Tapi siapa sangka kesempatan itu datang juga tepat di tahun 2014 lalu. Bos di kantor tempat saya dulu bekerja memberi saya kesempatan untuk memimpin sebuah tur yang beragendakan menginap dan beraktivitas di sebuah kapal pesiar mewah dengan rute Singapura- Malaysia-Singapura. Bersama 3 orang rekan lainnya, pengalaman kerja rasa liburan itu berlangs